Pesan-Pesan

Rabu, 15 Oktober 2014

Tiga Hal Yang Harus Dilakukan Berkenaan Turunnya Harga Karet




 Harga karet di pasar internasional saat ini tengah mengalami penurunan drastis. Pada 2000, harga karet sempat bertengger hingga US$ 5,7 per kilogram (kg), namun saat ini hanya mencapai US$ 1,6 per kg.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (9/5/2014) menyatakan "ada tiga hal yang harus segera dilakukan" , yaitu  :

Solus Pertama, pemerintah akan mengusulkan agar ITRC ditingkatkan dan dikembangkan jadi Asean Rubber Committee atau Cooperation.   "Ada kerja smaa karet alam ASEAN. Jadi nggak hanya 3 negara, tapi bisa masuknya Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar untuk bergabung karet alam kerja sama itu. Tantangan industri karet seimbangkan kebutuhan dengan pasokan. Kalau kelebihan salah satu, dampaknya terasa disektor harga," ungkap Bayu.

Solusi kedua, dengan meningkatkan produktivitas karet rakyat, karena lebih dari 95% karet alam diproduksi oleh petani kecil dan perkebunan rakyat.


Solusi Ketiga
"Nah, kita harus tingkatkan produktivitasnya. Perkebunan di indonesia hanya 600-700 kg per hektar (ha), padahal negara tetanggan 2-3 ton per ha. Ini saya kira tantangan besar yang berlangsung lama. Tapi hasil perlu ditingkatkan," jelas dia.

1 komentar:

  1. Best casino apps in Michigan 2021 (Updated 2021)
    The only app on your 강릉 출장마사지 iOS 삼척 출장샵 device, a mobile 정읍 출장마사지 app and a mobile device that's native to Android (via Android, 광주 출장샵 iPhone, iPad) only. 양주 출장마사지 The

    BalasHapus